Obat Bius yang Cocok untuk Sapi Dan Kerbau Liar



Dikalangan dokter hewan, bicara soal obat bius untuk hewan sangat identik dengan ketamine dan xylazine, dua jenis obat bius ini sangat populer di kalangan medis veteriner. Sepasang obat bius (anestesi) ini bak romio dan juliet yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Wajar memang karena sistem kerja kedua obat bius ini saling mendukung satu sama lain. Ketamine misalnya bekerja sebagai analgesik (menghilangkan rasa sakit), sedangkan xilazine fungsinya sebagai sedatif (penenang atau relaksasi otot) sehingga pada kasus operasi mengombinasikan antara ketamine dan xilazine hasilnya sangat sempurna.

Namun cerita di atas merupakan cerita dokter hewan praktisi yang biasa menangani hewan kesayangan yang tempramenya jinak seperti anjing dan kucing. Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang apakah cerita itu berlaku untuk hewan besar dan liar seperti sapi dan kerbau? Tentu jawabannya tidak, karena bebeberapa alasan dibawah ini:

  • Pada hewan jinak 5 menit sebelum di injeksi ketamine dan xilazine terlebih dahulu di berikan Atropin Sulfat sebagai transkulizer untuk memaksimalkan kerja obat bius. Sedangkan pada sapi dan kerbau liar tidak mungkin kita lakukan demikian.
  • Ketamine dan xilazine spesifik untuk beberapa hewan kecil, tetapi belum tentu efektif untuk hewan besar karena secara anatomis (struktur tubuh) jelas berbeda antara anjing dengan sapi dan kerbau.
  • Banyak perusahaan yang memproduksi Obat bius dari golongan ketamine dan xilazine, namun berdasarkan pengalaman kami di lapangan kualitas antara satu merek dagang dengan merek dagang lain tidak lah sama, sekalipun di brosur tercantum jumlah kandungan dan dosisnya sama. 
Sebagai contoh:
  • Merek dangang dari golongan xylazine:  Xyla dengan Rompun, Jelas Kualitasnya berbeda walaupun di lebel kita liat kandungan dan dosisnya sama.
  • Merek dagang dari golongan ketamine: Ketamine dengan Illium Ketamil juga jauh berbeda kualitasnya.
Berdasarkan 3 alasan di atas jelas untuk mendapatkan obat bius yang ideal bukan saja berdasarkan teori, akan tetapi pengalaman di lapangan lah yang paling penting. Saya pribadi melakukan percobaan dilapangan langsung sampai berbulan-bulan dengan menghabiskan biaya yang besar baru menemukan obat yang tepat.

Sebenarnya anda tidak perlu menguras tenaga melakukan percobaan, tinggal anda beli aja obat bius seperti yang dipertontonkan di salah stasium televisi luar. bagaimana mereka dengan gampang melumpuhkan gajah sekalipun dengan sekali tembak. tapi masalahnya dimana kita mencari obat seperti itu. karena obat bius tidak dijual sembarangan dan aturan memakai obat bius juga harus dibawah pengawasan yang berwenang, demikian.

Kalau anda membutuhkan informasi lebih lanjud tentang obat bius yang efektif untuk sapi dan kerbau liar silakan hubungi saya Jack, Hp. 081366508484.

Berita Terkait:
CARA MODIFIKASI SPUIT MENJADI PELURU BIUS ATAU DART
BERBURU SAPI ATAU KERBAU DENGAN SENAPAN BIUS
CARA MODIFIKASI SENAPAN ANGIN MENJADI SENAPAN BIUS